Jumat, 18 Mei 2012

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS  MADRASAH
NAMA SEKOLAH                          :Madrasah Tsanawiyah Negri Tembilahan
MATA PELAJARAN                      :Bahasa Arab
KELAS/ SEMESTER                      :IX (Sembilan)/ 2 (dua)
ALOKASI WAKTU                                    :1 X 15 Menit
PERTEMUAN KE                           :17 (Tujuh Belas)
STANDAR KOMPETENSI            :Mengenal isim tafdhil dalam sebuah wacana bahasa arab.
KOMPETENSI DASAR                 :Menyebutkan isim tafdhil yang terdpat dalam sebuah          kalimat.
INDIKATOR                                    :Siswa mampu membuat kalimat yang terdapat isim tafdhil                                                              didalamnya.
I.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat mengerti dan pafam cara membuat kalimat yang mengandung isim tafdhil didalamnya.
II. MATERI PEMBELAJARAN
ISIM TAFDHIL
·         Terlampir dihalaman akhir RPP
III. METODE PEMBELAJARAN
Metode Gramatika Terjemah
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
  1. KEGIATAN AWAL
Ø  Guru membuka pelajaran dengan membaca basmalah.
Ø  Motivasi yaitu Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menanyakan kesiapan siswa sebelum memulai pelajaran.

2.      KEGIATAN INTI

Ø  Guru memulai materi pelajaran dengan menjelaskan defenisi butir butir tata bahasa tentang isim tafdhil beserta contoh contoh nya.
Ø  Guru menuntun siswa menghafalkan daftar kosa kata dan terjemahannya.
Ø  Guru memberikan sebuah teks bacaan kepada siswa untuk diterjemahkan perkata atau perkalimat.
Ø  Guru menterjemahkan teks bacaan tersebut bersama sama siswa.
Ø  Guru menjelaskan tata bahasa tentang isim tafdhil yang ada pada teks bacaan yang telah diterjemahkan.
Ø  Guru memberikan kesempatan untuk siswa bertanya, dan menerima balikan dari siswa.

3.      KEGIATAN AKHIR
Ø  Guru bersama sama siswa menyimpulkan materi yang telah dijelaskan.
Ø  Guru memberikan evaluasi tertulis dengan menyuruh siswa mengartikan teks bacaan serta mencari tata bahasa isim tafdhil yang ada pada teks bacaan.
Ø  Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah.
Ø  Guru menutup pembelajaran dengan hamdallah.
V. SUMBER BELAJAR
·         Buku Ayo Memahami Bahasa Arab untuk MTs / SMP Kelas IX

VI. ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·         Spidol
·         Papan tulis dan
·         Teks Bacaan
 VII. EVALUASI / PENILAIAN
·   Tes tertulis dengan memberikan Teks bacaan








Mengetahui,

Dosen Pembimbing



YUSNANI S.Ag
NIP---------------------







          




Tembilahan 8  Mei , 2012

MAHASISWA



SUFRIYADI
NIM: 1209 09 05563




Tidak ada komentar:

Posting Komentar